Beranda Food Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sunda

Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sunda

0
Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sunda

Makanan Nusantara memang beraneka ragam jenis dan rupanya. Setiap daerah mempunyai kekhasan makanan masing-masing yang kemudian menjadi kekayaan nusantara tersendiri.

Makanan khas yang mempunyai nama yang sama pun bisa menjadi berbeda antara satu wilayah dengan wilayah yang lain. Salah satunya adalah nasi liwet di Solo dan di Sunda.

Mempunyai nama yang serupa dan sama-sama lezat, nasi liwet Sunda dan Solo rupanya cukup berbeda lho. Dari mulai bumbu, lauk, dan cara menghidangkannya. Biar tidak bingung lagi, simak 7 perbedaan nasi liwet Solo dan Sunda berikut ini ya. 

1. Rasa gurih nasi liwet Solo berasal dari santan, liwet Sunda berasal dari racikan bumbu campuran

Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sundafoodizz.id

Baik nasi liwet Solo maupun Sunda mempunyai cita rasa gurih. Tetapi rasa gurih tersebut berasal dari bahan yang berbeda.

Hampir sama dengan nasi uduk, nasi liwet Solo menggunakan santan saat memasak berasnya. Air santan tersebut dicampur dengan serai dan salam. Sementara itu, cita rasa gurih pada nasi liwet Sunda berasal dari campuran bumbu seperti cabai, lengkuas, bawang merah, bawang putih air kaldu, dan ikan teri.

Meskipun agak berbeda, garam menjadi bumbu yang pada masing-masing jenis nasi liwet biasanya wajib ditambahkan.

2. Lebih kering, gurihnya nasi liwet Sunda lebih nikmat disantap langsung dengan tangan

Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sundainstagram.com/warungteteh_nasiliwet

Lauk pelengkap pada nasi liwet Sunda umumnya tidak berkuah dan kering. Nasi liwet hangat beserta lauk ikan asin yang dicampur tersebut biasanya dinikmati langsung dengan menggunakan tangan.

3. Nasi liwet Solo lebih berkuah

Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sundainstagram.com/mrsyanni1411

Saat hendak disantap, biasanya nasi liwet Solo dihidangkan dengan berbagai lauk dan pelengkap. Lauk pelengkap pada liwet Solo yang berjenis sayuran berkuah membuat nasi liwet Solo akan lebih berair. Sehingga untuk memakannya tidak bisa langsung dengan tangan.

Baca Juga: 5 Resep Nasi Liwet dengan Rice Cooker, Gak Pakai Ribet-ribet!

4. Lauk liwet Solo berupa sambal goreng labu siam, ayam opor, telur pindang, dan areh

Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sundaromadecade.org

Yang juga paling khas dari nasi liwet Solo adalah lauk pauknya yang beraneka ragam. Nasi liwet Solo dihidangkan dengan sambal goreng santan labu siam, suwiran ayam opor, telur pindang, sambal goreng daging cincang, serta kuah kelapa kental bertekstur seperti bubur yang disebut dengan areh. Areh mempunyai rasa gurih nikmat yang sangat khas.

5. Liwet Sunda dihidangkan dengan lalapan, sambal, ayam, tahu, dan tempe goreng

Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sundaselerasa.com

Nasi liwet Sunda seiring perkembangannya dihidangkan juga dengan berbagai lauk pelengkap. Lauk pelengkap umumnya berupa ikan atau ayam goreng, tahu dan tempe goreng, serta sambal dadak. Yang tidak bisa dilewatkan dari liwet Sunda adalah lalapan berupa kol, timun, daun selada, dan petai.

6. Liwet Solo paling sedap dipincuk, liwet Sunda paling mantap disantap di gelaran daun pisang

Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sundainstagram.com/warungteteh_nasiliwet

Saat hendak disantap, nasi liwet Solo disajikan di dalam daun pisang yang dipincuk. Sebagai sendoknya, digunakan juga suru dari daun pisang. Sementara itu, nasi liwet Sunda disajikan di atas daun pisang yang digelar, bersama dengan lauk pauknya.

Pada acara liwetan, gelaran daun pisang disusun memanjang agar bisa disantap bersama-sama.

7. Sejarah nasi liwet Solo dan Sunda

Bernama Serupa, Ini 7 Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sundainstagram.com/catering_mak_nyuuus

Liwet Solo dulunya berasal dari satu desa bernama Menuran. Awalnya, masakan yang hanya disajikan pada saat acara-acara adat seperti Maulud. Karena cita rasanya, makanan ini kemudian menjadi hidangan khas bagi keluarga keraton Solo.

Sementara  nasi liwet Sunda, dalam sejarahnya merupakan masakan yang dijadikan bekal para petani saat bekerja di sawah. Oleh para petani, nasi liwet bekal tersebut  dibawa beserta dengan kastrolnya agar awet.

Nah, itu tadi 7 perbedaan antara nasi liwet Solo dan Sunda yang mungkin bisa kamu masukkan dalam list menu kuliner selanjutnya. Sama-sama nikmat dan gurih, sekarang jangan bingung lagi ya saat menemui dua hidangan bernama sama ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Nasi Liwet Gurih di Solo, Murah Meriah!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.



Source: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/hanifah-yoshioka/7-perbedaan-nasi-liwet-solo-dan-sunda-c1c2?rand=1306

- Advertisment -

Tinggalkan Balasan