Beranda Tourism Travel Efek Virus Corona ke Wisata RI

Efek Virus Corona ke Wisata RI

0
Menparekraf Wishnutama

Jakarta –

Jumlah orang yang terjangkit virus Corona di Indonesia terus bertambah. Kini, muncul 227 kasus orang yang positif COVID-19 di Indonesia.

detikTravel akan menyajikan live report perkembangan virus Corona dan efeknya ke pariwisata Indonesia:

18 Maret

Pasien Positif Corona Jadi 227 Orang

Pemerintah kembali memperbarui data kasus positif virus Corona (COVID-19) serta data penunjang lainnya. Total kasus positif saat ini disebutkan 227, dengan rincian 11 orang negatif dan 19 orang meninggal dunia.

Jatim Park Group Tutup Sebulan

Upaya pencegahan virus Corona terus dilakukan di Indonesia. Jatim Park Group mendukung kebijakan ini dan menutup atraksi wisatanya selama sebulan.

Jatim Park Group memutuskan menutup sementara destinasi wisata yang dikelolanya di Kota Batu. Penutupan berlaku mulai 20 Maret 2020 sampai 20 April 2020 mendatang. Sebelumnya, upaya pencegahan sudah dilakukan dengan penyemprotan disinfektan.

Pangandaran Jawa Barat Juga Tutup

Pemerintah Kabupaten Pangandaran akhirnya mengambil langkah untuk menutup sementara seluruh objek pariwisata yang ada di Pangandaran.

“Kita tutup sementara selama 2 pekan sampai tanggal 30 Maret 2020,” kata Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata usai menggelar rapat koordinasi, Rabu (18/3/2020).

Penutupan tempat wisata ini menurut Jeje dilakukan untuk menyesuaikan kebijakan yang telah digariskan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi Jawa Barat.

Lion Air Group Setop Terbang dari dan ke Malaysia

Malaysia mulai lockdown. Mendukung hal tersebut, maskapai Lion Air Group menghentikan sementara penerbangan dari dan ke Malaysia.

Dari rilis yang diterima detikcom, Lion Air Group akan menyetop sementara penerbangan internasional dari dan ke Malaysia mulai hari ini, Rabu (18/3/2020), termasuk dari Indonesia.

Kebijakan ini akan berlaku hingga 31 Maret 2020. Penerbangan ini mencakup Malindo Air, Lion Air, Batik Air, dan Wings Air.

Ganjar Pranowo Tutup 55 Spot Wisata di Jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menambah lagi destinasi wisata yang ditutup sebagai imbas dari wabah Corona. Kini setidaknya ada 55 destinasi wisata yang ditutup di Jateng.

Mengutip data dari Pemprov Jateng, penutupan dimulai dari 14 Maret sampai akhir Maret, namun ada juga yang penutupannya belum ditentukan sampai kapan. Beberapa spot populer seperti Lawang Sewu, Candi Borobudur, Museum Ambarawa dan lainnya.

Gunung Lawu Ditutup

Gunung Lawu mulai mengambil langkah pencegahan virus Corona. Mulai har ini jalur pendakian Gunung Lawu ditutup sementara.

Makam Sunan Gunung Jati Ditutup

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon sepakat menutup sementara komplek pemakaman Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati terletak di Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jabar. Begitu banyak wisatawan nusantara mendatanginya untuk wisata religi.

17 Maret

Jumlah Pasien Corona Jadi 172 Orang

Jumlah kasus positif virus Corona (COVID-19) terus bertambah, saat ini telah mencapai 172 orang. Dari jumlah tersebut, tercatat 5 kasus meninggal dunia.

“Terkait dengan data terakhir yang kita rilis adalah 134 orang confirm positif dengan angka kematian 5 orang,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang disiarkan langung melalui akun YouTube, Selasa (17/3/2020).

Wings Air Setop Rute Pontianak-Kuching

Maskapai Wings Air menghentikan sementara rute penerbangan dari Pontianak ke Kuching, Malaysia.

KAI Larang Penumpang Demam Tinggi Naik Kereta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melarang penumpang dengan suhu badan 38 derajat celsius ke atas untuk naik kereta api. Larangan ini mulai dilakukan sejak 14 Maret 2020.

Wisata Desa Terbersih Dunia di Bali Ditutup

Desa Penglipuran yang sering disebut desa terbersih dunia, tutup gara-gara Corona.

16 Maret

Jumlah Korban Corona Bertambah 17, Total Jadi 134 Kasus

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkonfirmasi adanya tambahan pasien positif Corona atau COVID-19. Kemenkes menyebut Senin 16 Maret ini ada 17 kasus baru yang terkonfirmasi positif Corona.

Berikut ini data 17 pasien yang terkonfirmasi positif hari Senin ini:

1. Provinsi Jawa Barat (1 kasus)
2. Provinsi Banten (1 kasus)
3. Provinsi Jawa Tengah (1 kasus)
4. Provinsi DKI Jakarta (14 kasus)

Daerah Tutup Objek Wisata

Beberapa daerah mulai menutup objek wisata. Seperti Pemprov NTB menutup Gili Trawangan, Gili air dan Gili Meno yang ada di Kabupaten Lombok Barat, termasuk sejumlah Gili yang dijadikan akses wisatawan luar negeri.

Klaten menutup objek mata air Cokro (OMAC) di Kecamatan Tulung, Bukit Sidoguro di Kecamatan Bayat, Candi Plaosan dan Candi Sojiwan di Kecamatan Prambanan.

Aceh menutup Museum Tsunami, boat di atas rumah di Lampulo dan PLTD Apung. Selain itu, kawasan wisata bahari serta taman-taman wisata di ibu kota Provinsi Aceh ikut ditutup.

15 Maret

117 Kasus Positif Virus Corona di Indonesia

Juru bicara pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto, menyebut ada 21 kasus baru virus corona COVID-19. Total sudah ada 117 kasus yang terkonfirmasi positif di Indonesia.

14 Maret

Kemenparekraf Menunda Insentif untuk Turis Asing

Menparekraf WishnutamaMenparekraf Wishnutama Foto: (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

“Kami terus memantau dan memutuskan untuk menunda promosi dan memberikan insentif untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Sampai pandemi ini berakhir, baru kita siapkan upaya itu kembali,” kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio.

Sebelumnya, pemerintah menyiapkan insentif untuk wisatawan mancanegara dengan memberikan alokasi tambahan sebesar Rp 298,5 miliar terdiri dari alokasi untuk airlines dan agen diberikan diskon khusus ataupun semacam insentif totalnya Rp 98,5 miliar. Alokasi lainnya diberikan kepada anggaran promosi sebanyak Rp 103 miliar, kegiatan tourism sebesar Rp 25 miliar, serta relasi media dan jasa pemberi pengaruh atau influencer sebesar Rp 72 miliar.

Sementara untuk menggenjot jumlah kunjungan wisatawan domestik yang melemah akibat virus corona, pemerintah memberikan diskon 30 persen untuk di 10 tujuan wisata. Potongan harga itu diberikan dengan kuota 25 persen dari jumlah kursi pesawat setiap penerbangan.

DKI Tutup 23 Tempat Wisata

DKI Jakarta menambah spot wisata yang ditutup, dari 17 menjadi 23 tempat wisata. Penutupan sport wisata di Jakarta itu dimulai 14 hingga 29 Maret 2020. Selama penutupan akan dilakukan pembersihan dan disinfektan.

Berikut daftarnya:

1. Kawasan Monas
2. Ancol
3. Kawasan Kota Tua
4. Taman Margasatwa Ragunan
5. Anjungan DKI di TMII
6. Planterarium Jakarta
7. Taman Ismail Marzuki
8. PBB Setu Babakan
9. Rumah Si Pitung
10. Pulau Onrust
11. Taman Benyamin Suaeb
12. Wayang Orang Bharata
13. Miss Tjitjih
14. Gedung latihan kesenian (5 wilayah kota)
15. Gedung Kesenian Jakarta
16. Museum Taman Prasasti
17. Museum Sejarah Jakarta
18. Museum MH Thamrin
19. Museum Seni Rupa & Keramik
20. Museum Tekstil
21. Museum Wayang
22. Museum Bahari
23. Museum Joang ’45

13 Maret

DKI Tutup 17 Spot Wisata

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menutup 17 spot wisata di ibu kota. Yakni:

1. Monas
2. Ancol
3. Kawasan Kota Tua
4. TM Ragunan
5. Anjungan DKI di TMII
6. Taman Ismail Marzuki
7. PBB Setu Babakan
8. Rumah Si Pitung
9. Pulau Onrust
10. Museum Sejarah Jakarta
11. Museum Prasasti
12. Museun MH Thamrin
13. Museum Seni Rupa dan Keramik
14. Museum Tekstil
15. Museum Wayang
16. Museum Bahari
17. Museum Joang ’45

WNI Positif Corona Bertambah Jadi 69 Orang

Kasus orang teridentifikasi positif virus Corona Covid-19 di wilayah Indonesia terus bertambah. Kini ada 69 kasus positif corona. Dari 69 kasus ini, total ada 4 orang yang telah meninggal dunia. Sebaliknya, ada 5 orang yang dinyatakan sembuh.

12 Maret

Virus Corona Bikin Wisata Indonesia Rugi Rp 21 Triliun

Virus Corona yang masih menjangkiti dunia termasuk Indonesia telah membuat sektor pariwisata terpukul. Imbasnya, kerugian ditaksir mencapai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21 triliun.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Hariyadi Sukamdani dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Live Report: Efek Virus Corona ke WisataFoto: (Intan/detikcom)

“Untuk sementara waktu untuk sektor pariwisata kami menghitung sudah mengalami kerugian USD 1,5 miliar. Itu dari turis Tiongkok sendiri saja sudah USD 1,1 miliar. Dan ditambah denga ikutan-ikutan yang lain paling sedikit ada USD 400 miliar,” kata Hariyadi.

Pasien Corona Mulai Sembuh

Juru bicara pemerintah untuk virus corona COVID-19, dr Achmad Yurianto, mengatakan tiga pasien telah sembuh dari virus corona. Tiga pasien tersebut sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur.

“Kami yakin dalam waktu dekat, tidak terlalu lama pasien lain juga akan sembuh,” katanya kepada media di RSUP Persahabatan, Kamis (12/3/2020).

Selain itu 9 WNI ABK Diamond Princess yang dirawat di Jepang telah sembuh semuanya. Lima di antaranya sudah tiba di Indonesia.

11 Maret

Pasien Corona Bertambah Jadi 34

Pasien positif Corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 7 orang menjadi 34 orang. Semuanya, merupakan imported case atau pasien yang terinfeksi dari luar Indonesia. “Semuanya adalah imported case,” kata Jubir Pemerintah untuk Urusan Virus Corona, Achmad Yurianto dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

Yuri mengatakan 5 dari 7 pasien baru tersebut dalam kondisi tampak sakit ringan sedang. Sementara, 2 pasien dalam kondisi sakit sedang. “Ada penambahan sejumlah 7 pasien. Dengan kondisi rata-rata nampak sakit ringan sedang. Kecuali nomor 30 dan 29,” ujarnya.

Formula E Jakarta Dibatalkan

Gelaran Formula E di Jakarta resmi ditunda karena sebaran virus Corona (COVID-19). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan risiko terlalu besar jika gelaran internasional tersebut tetap digelar.

“Formula E kegiatan yang dihadiri wisatawan internasional. Risiko yang ada terlalu besar untuk warga Jakarta, bila wisatawan yang datang dari negara memiliki virus Corona,” kata Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

10 Maret

Pasien Corona Bertambah Jadi 27 Orang

Pasien yang positif tertular virus Corona Covid-19 di wilayah Indonesia bertambah lagi. Kini ada 27 pasien positif virus Corona di wilayah Indonesia.

“Demikian informasi pasien dari nomor 20 sampai 27,” kata Jubir Pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Sejumlah pasien tertular di luar negeri, lalu masuk ke wilayah RI. Namun ada juga tambahan pasien yang tertular di dalam negeri.

Pangandaran Mulai Sepi

Kawasan wisata pantai Pangandaran Jawa Barat mulai terkena imbas virus Corona. Pelaku usaha pariwisata mulai merasakan ada penurunan tingkat kunjungan.

“Tiga hari lalu kami meminta pengelola hotel dan restoran di Pangandaran untuk mengirim data kunjungan. Setelah kami rekap dan analisa, ada penurunan tingkat kunjungan sekitar 30 persen,” kata Ketua BPC Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran, Agus Mulyana, Selasa (10/3/2020).

Wisata di PangandaranWisata di Pangandaran Foto: Faizal Amiruddin

Dia mensinyalir penurunan tingkat hunian hotel ini terdampak oleh isu wabah virus Corona di tanah air. “Indikasinya banyak calon pengunjung hotel yang membatalkan pesanannya,” kata Agus.

Hotel Mulai Rumahkan Karyawan

Penyebaran virus Corona di Indonesia telah menurunkan tingkat keterisian hotel atau okupansi hotel di Indonesia sampai ke level bawah. Ada hotel yang okupansinya di bawah 30 persen.

Untuk memangkas kerugian, hotel biasanya memangkas biaya operasional mulai dari biaya tenaga kerja dan listrik yang menjadi penyumbang terbesar biaya hotel. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani, menyebutkan sudah ada hotel yang telah melakukan pembicaraan dengan tenaga kerja soal giliran kerja dan sebagian lagi ada yang sudah merumahkan karyawannya.

“Kalau memang hotel tersebut mengalami penurunan sampai 30 persen mereka rata-rata tidak akan mungkin survive tanpa melakukan pemotongan biaya secara signifikan, salah satu yang biasa lakukan pemotongan adalah tenaga kerja, dan listrik. Biaya tenaga kerja dan listrik ini penyumbang terbesar biaya di sektor perhotelan. Sekarang kondisinya hotel sudah mulai melakukan pembicaraan dengan karyawan untuk mengambil posisi yang terbaik untuk semua pihak khususnya untuk keberlangsungan perusahaan, sebagian dari mereka menyepakati untuk bergiliran bekerja atau sebagian dirumahkan,” ujarnya seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Selasa (10/3/2020).

9 Maret

Kapal Pesiar Australia Dilarang Sandar di Sulawesi

Kapal pesiar Australia, Coral Adventure, ditolak masuk ke Pelabuhan Tanjung Ringgit (PTR), Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan ke Pelabuhan Tanjung Bira, Bulukumba. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Konfirmasi sebelumnya kan memang kita mau terima, tapi semenjak ada begini (virus Corona) kita sepakat menolak,” ujar Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali, kepada detikcom, Senin (9/3/2020).

Kapal Coral Adventure disebut sudah berada di perairan sekitar Pelabuhan Tanjung Bira dan siap merapat sekitar pukul 08.00 Wita. Namun pemerintah dan otoritas pelabuhan setempat akhirnya memutuskan melakukan penolakan.

Pasien Melonjak Jadi 19 Orang

Pemerintah mengumumkan lonjakan jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di wilayah Indonesia. Kini, Pemerintah mengumumkan ada 19 pasien yang positif virus Corona.

“Kasus yang terkonfirmasi positif sebanyak 19,” kata Jubir Pemerintah untuk urusan virus Corona, Achmad Yurianto, kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin (9/3/2020) pukul 17.45 WIB.

Karyawan di Bali Digaji Setengah

Dampak virus Corona semakin terlihat di Bali. Nyatanya, banyak pelaku usaha yang sepi dan upah karyawan dipotong setengah gaji. Menurunnya pendapatan usaha memaksa Komang Suaryasa, seorang pengelola usaha di Bali untuk memotong gaji pegawai yang kebanyakan bekerja dalam skema paruh waktu. “Kami hanya bisa mengupah karyawan setengah gaji. Itu pun kami kurangi,” katanya.

Suaryasa berusaha optimistis jika kondisi ini tidak akan berlangsung lama. “Saya berharap secepatnya (pulih). Apalagi kami di Bali sudah membuat persembahan khusus untuk menolak bala,” kata Suaryasa.

Kamar Hotel Kosong 70%

Ketum PHRI Pusat, Hariyadi Sukamdani, mengatakan semenjak ada kasus positif baru corona pada 6 Maret 2020, tak ada perubahan soal tingkat okupansi hotel di Indonesia. Berdasarkan catatan Hariyadi hingga akhir Februari 2020, untuk Batam dan Bintan, tingkat keterisian hotel pada Januari dan Februari 2020 turun jadi 30-40% jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Rata-rata okupansi atau tingkat keterisian saat ini anjlok hanya berkisar 20-30%, itu artinya 70% kamar kosong.

8 Maret

14 Kapal Cruiser Batal Berlayar di Bali

Wabah virus Corona sudah menyebar di beberapa negara termasuk Indonesia. Ada 14 kapal cruise yang sudah membatalkan untuk bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali.

“Sesuai dengan data yang kami terima, ada 14 kapal yang sudah membatalkan kedatangannya di Pelabuhan Benoa,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa, Agustinus Maun, pada Minggu (8/3/2020).

WNI Positif Corona Bertambah Lagi Jadi 6 Orang

Kasus positif virus Corona di Indonesia kembali bertambah. Sebelumnya, empat orang dinyatakan positif, kini dua orang lagi terjangkit virus Corona.

“Hari ini dari hasil (pemeriksaan). 2 kasus positif. Yang pertama kasus 5 laki-laki 55 tahun. Ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan dari kasus kluster Jakarta. Yang tadi kita lakukan suspect bahwa yang bersangkutan confirm positif Covid-19,” kata Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Minggu (8/3/2020).

Achmad YuriantoAchmad Yurianto Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

“Kemudian kasus 6 laki-laki 36 tahun. Imported case dia dapat dari Jepang yang dia dapatkan waktu bekerja ABG ABK di diamond princess,” imbuhnya.
Yuri menyebut kondisi pasien kasus 5 dan kasus 6 stabil.

“Stabil, tidak demam, tidak batuk, tidak pilek. Kondisi baik,” katanya

7 Maret

Hunian Hotel Turun

Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (BPD PHRI), Sulawesi Selatan (Sulsel), merilis tingkat hunian hotel turun hingga 20 persen sejak maraknya pemberitaan virus Corona di Indonesia.

Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga, yang dihubungi detikcom, mengatakan selain tingkat hunian rata-rata di sejumlah hotel di Makassar hanya 40 sampai 43 persen, dampak virus Corona juga merugikan pihak hotel akibat banyaknya reservasi event (acara) yang dibatalkan karena khawatir dengan virus Corona.

“Gara-gara isu Corona ini, ada event kedokteran internasional yang rencananya digelar di salah satu hotel di Makassar Agustus nanti, di-cancel (dibatalkan), dan manajemen hotel diminta untuk membuat pernyataan kegiatan di-cancel akibat isu corona dan panitia dibebaskan dari biaya pinalti,” ujar Anggiat.

Suasana lobi sebuah hotel di CianjurSuasana lobi sebuah hotel di Cianjur Foto: Ismet Slamet

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Cianjur Nano Indra Praja menambahkan virus corona secara otomatis akan melumpuhkan tingkat pariwisata di Kabupaten Cianjur. Bahkan untuk secara keseluruhan hotel yang tergabung di PHRI, tingkat hunian hingga saat ini menurun sampai 35 persen.

“Untuk Februari ini sekitar 35 persen okupansi hotel turun,” kata dia.

Wisman ke Borobudur Turun 30%

Wisatawan mancanegara di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, turun 30 persen. Penurunan tersebut terjadi seiring dengan dampak virus corona.

Berdasarkan data yang ada, jumlah kunjungan wisman pada bulan Januari dan Februari tahun 2018, 2019 dan 2020 bisa sebagai bahan perbandingan.

Adapun pada tahun 2018 bulan Januari ada 16.907 wisman dan Februari ada 21.505 orang. Kemudian pada tahun 2019, pada bulan Januari ada 13.398 orang dan Februari ada 16.642 orang wisman. Sedangkan pada tahun 2020 kunjungan wisman bulan Januari ada 15.603 orang dan Februari 11.506 wisman.

Live Report: Efek Virus Corona ke WisataFoto: Eko Susanto

Sekretaris Perusahaan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari mengatakan, terkait virus corona berdampak terhadap jumlah kunjungan wisman menurun. Penurunan yang terjadi sampai 30 persen.

“Ya pasti dampaklah. Kunjungan, pasti jelas wisman menurun. Kalau dibandingkan dengan tahun lalu sampai dengan Februari itu, kita turun sampai 30 persen. Tahun lalu ya, kalau dibandingkan di Borobudur. Semua, Prambanan juga sama, kita semua 30 persen turun,” kata Emilia di Candi Borobudur, Sabtu (7/3/2020).

6 Maret

Sabang Marine Festival Ditunda

Event Sabang Marine Festival (SMF) 2020 yang rencananya bakal digelar pertengahan Maret mendatang diputuskan bakal ditunda. Panitia sudah menyampaikan kabar penundaan tersebut ke peserta dari sejumlah negara.

“SMF 2020 ditunda hingga selesai West Sumatra Rally diperkirakan pada bulan September, dan nanti akan diumumkan kembali,” kata Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Agus Salim saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (6/3/2020).

Imbas Virus Corona, Event Sabang Marine Festival 2020 DitundaImbas Virus Corona, Event Sabang Marine Festival 2020 Ditunda Foto: dok BPKS Sabang

Kegiatan SMF 2020 digelar oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) di Sabang dan rencananya akan berlangsung pada 15-19 Maret. Ada sejumlah agenda yang sedianya dibuat di antaranya yaitu yacht parade, Sabang and Banda Aceh City Tour, Captain Dinner dan lainnya.

12 Ribu Penerbangan Dibatalkan

Sebanyak 12.703 penerbangan periode Januari-Februari 2020 harus ambyar alias dibatalkan gegara virus Corona. Jumlah penerbangan itu ialah penerbangan yang melalui bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I di 15 bandara.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi merinci, penerbangan yang dibatalkan terdiri dari 11.680 penerbangan dometik dan 1.023 penerbangan internasional.

“Dari data statistik kita Januari-Februari saja di 15 bandara yang dikelola AP I ada sekitar 12.703 penerbangan yang dicancel,” katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Pengunjung Tempat Wisata Diukur Suhu Badannya

Berbagai tempat wisata seperti Candi Borobudur dan Ancol mulai menggunakan thermal scanner buat pengunjung. Ancol juga menggelar pemantauan suhu dan deteksi dini penumpang kapal yang akan menuju ke Kepulauan Seribu hari Kamis (5/3) di Dermaga Marina Ancol.

Pengunjung Borobudur dites Suhu TubuhPengunjung Borobudur dites Suhu Tubuh Foto: Eko Susanto

Ribuan Turis Naik Kapal Pesiar Ditolak Masuk Sabang

Wabah virus Corona memukul pariwisata Sabang, Aceh. 7.400 turis asing yang berangkat dengan empat kapal pesiar ditolak masuk ke Sabang.

Empat kapal pesiar yang gagal merapat yaitu MS Artania Cruise (dengan 1.200 penumpang) rencana singgah di Sabang pada 16 Februari lalu, MS.Norwegian Jade yang membawa 2.500 wisman dan 700 orang rencana merapat Selasa 3 Maret lalu.

Kemudian ada MS. Seabourn Sorjoun dengan 1.200 penumpang dan kru 450 orang seharusnya singgah pada Senin 16 Maret mendatang. Terakhir yaitu kapal MS Marella Discovery dengan penumpang 2.500 orang serta crew 750 orang seharusnya berkunjung ke Sabang pada Minggu (29/3) mendatang.

“Bulan ini ada tiga kapal pesiar konfirmasi masuk. Tanggal 3, 16 dan 29 Maret. Namun hasil rapat koordinasi kemarin harus sejalan dengan surat Walikota Sabang,” kata Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Agus Salim saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (6/3/2020).

5 Maret

RI Tutup Pintu untuk Traveler Iran, Italia dan Korea Selatan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengeluarkan kebijakan sementara pembatasan masuknya warga negara asing (WNA) asal 3 Negara yang memiliki kenaikan signifikan penyebaran virus COVID-19. Ke-3 negara tersebut adalah Iran, Italia, dan Korea Selatan (Korsel) serta para pelancong (travelers) yang pernah mengunjungi wilayah-wilayah di 3 negara itu.

Retno MarsudiRetno Marsudi Foto: Ari Saputra/detikcom

“Sesuai laporan terkini WHO, saat ini terdapat kenaikan signifikan kasus COVID-19 di luar Tiongkok, terutama tiga negara, yaitu Iran, Italia, dan Korea Selatan,” Kata Retno di kantornya, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Kapal Viking Sun Dilarang Bersandar

Kapal pesiar Viking Sun ditolak bersandar di Surabaya dan Semarang gegara ada suspect Corona di kapal itu. Kapal pesiar Viking Sun dilarang bersandar di Surabaya oleh Walikota Tri Rismaharini karena di dalamnya diduga ada 2 penumpang yang suspect Corona.

Kapal Viking SunKapal Viking Sun Foto: Angling Adhitya Purbaya

Kapal berbendera Norwegia ini bertolak dari Labuan Bajo. Namun kapal akhirnya bisa bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, usai sebelumnya ditolak Pemkot Semarang. Kapal itu dibolehkan berlabuh tapi dengan syarat.

[]

4 Maret

Wisata Lembang Terpengaruh Corona

Wabah virus Corona yang merambah ke Indonesia beberapa hari belakangan turut berdampak pada sektor wisata, termasuk di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sejak adanya dua warga Depok yang positif Corona, wisata Lembang Park and Zoo, mengalami penurunan kunjungan wisatawan sekitar 10 persen dari jumlah pengunjung sekitar 1.000 orang per hari.

Manager Operasional Lembang Park and Zoo Iwan Susanto, mengatakan penurunan tersebut terjadi karena kekhawatiran masyarakat bisa terpapar Corona Virus.

“Setelah adanya penyebaran Virus Corona itu berpengaruh pada penurunan pengunjung, sekitar 10 persen. Tapi itu juga berpengaruh ke wisata lain, buka kami saja,” ujar Iwan saat ditemui di Lembang Park and Zoo, Rabu (4/3/2020)

3 Maret

Insentif Turis Asing Ditunda

Menyusul heboh WNI positif Corona, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan pemerintah mengevaluasi atas insentif pariwisata. Diputuskan insentif itu akan ditunda.

“Ditunda, di-review dulu. Sampai lebih jelas lagi kondisinya,” tuturnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Sebelumnya pemerintah menyediakan dana total Rp 10,3 triliun untuk sederet insentif di tengah-tengah merebaknya virus corona. Khusus di sektor pariwisata, pemerintah menganggarkan Rp 298,5 miliar untuk wisatawan asing. Secara rinci, dana tersebut merupakan insentif untuk maskapai dan travel agent sebesar Rp 98,5 miliar, anggaran promosi wisata Rp 103 miliar, kegiatan pariwisata Rp 25 miliar, dan influencer Rp 72 miliar.

3 Maret

RS Khusus Corona Dibangun di Pulau Galang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berniat untuk membangun rumah sakit (RS) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Falisitas kesehatan itu akan menjadi RS Khusus virus corona.

Hal itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menghadiri rapat dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

“Mau dibikin di Pulau Galang di Batam. ya RS khusus, nggak tau namanya. Jadi seperti keperluan untuk Natuna dan Sebaru. Kalau ada case itu dibawa ke sana. Nanti Pak Menkes yang operasikan,” tuturnya.

Untuk membangun RS khusus virus corona ini, Basuki tadi rapat dengan Panglima TNI, Polri, BIN, Menteri Kesehatan, Menteri Keuangan dan dipimpin oleh Jokowi.

Simak Video “Kenali Gejala Virus Corona”
[]
(ddn/ddn)

Source: https://travel.detik.com/read/2020/03/06/181303/4928546/1382/efek-virus-corona-ke-wisata-ri?rand=312

- Advertisment -

Tinggalkan Balasan