Beranda Auto Mengenal Cara Kerja Fitur Traction Control di Yamaha Nmax

Mengenal Cara Kerja Fitur Traction Control di Yamaha Nmax

0
<pre data-src=

Jakarta –

Yamaha kembali meningkatkan fitur keamanan di model Maxi skutik andalannya, Nmax. Jika dulunya fitur keamanan Nmax hanya ABS (Anti-lock Braking System), pada model baru Nmax khususnya tipe Connected ABS sudah mendapatkan fitur Traction Control System (TCS). Di segmen skutik, fitur TCS sebelumnya hanya ada di model Tmax maupun Xmax. Kini fitur tersebut sudah hadir di motor matik dengan mesin lebih kecil. Dan disebut menjadi yang pertama kali di kelas mesin 155 cc.

“Mesin sudah oke, rangka juga oke, tapi kita juga memikirkan bagaimana pengendara atau konsumen bisa berkendara lebih safety. Maka itu kita melengkapinya dengan Traction Control. Ini pertama kali di kelas 155 cc,” bilang Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin, di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta, belum lama ini.

Bagi yang belum tahu, traction control merupakan sebuah fitur keamanan yang mencegah ban kehilangan traksi saat melewati jalan yang licin. Kebanyakan pengendara saat motornya mengalami kehilangan daya cengkeram ban, akan panik dan malah membuka gas tanpa terkontrol.

“Misal ketika ada perbedaan putaran roda yang depan dan belakang ketika perjalanan turing, biasanya kalau orang yang panik akan langsung ngegas, bukan malah menurunkan kecepatan. Kalau digas itu biasanya ban belakang makin berputar kencang, sehingga risiko motor jatuh bisa terjadi,” jelas Ridwan.

“Fitur ini akan membuat aman pengendara ketika mengalami risiko kehilangan traksi saat menemui jalan licin atau melewati jalan berpasir dan berlumpur,” lanjutnya lagi.

Untuk cara kerja dari sistem traction control adalah dengan mengurangi kecepatan mesin saat terjadi perbedaan putaran roda depan dengan roda belakang. Prosesnya, speed sensor akan membaca perbedaan putaran kedua roda tersebut dan memberi input ke ECU (Electronic Control Unit), kemudian ECU akan mengurangi putaran mesin dengan memundurkan timing pengapian atau ignition delay, dan bisa juga dengan mengurangi suplai bensin melalui injector.

“Dengan Traction Control System, ketika pengendara mengalami panik saat membuka throttle, mesin secara otomatis melalui ECU akan menurunkan kecepatan mesin. Karena kecepatan mesin ini berkurang sehingga roda belakang juga turun kecepatannya. Inilah yang membuat mengapa Traction Control sangat cocok digunakan di Nmax,” terang Ridwan.

Fitur Traction Control akan aktif secara default di Yamaha Nmax. Namun fitur ini juga bisa dinonaktifkan melalui panel switch di setang kiri. “Caranya pilih menu TCS di speedometer, kemudian tekan tombol select selama 3 detik sampai muncul tulisan TCS Off,” pungkasnya.

Simak Video ” Lebih Agresif! Ini Dia Tampang Baru Yamaha Nmax”
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

Source: https://oto.detik.com/read/2020/02/23/104709/4911012/1214/mengenal-cara-kerja-fitur-traction-control-di-yamaha-nmax?rand=313

- Advertisment -

Tinggalkan Balasan