Beranda Lifestyle Health Sering Menatap Layar Ponsel Sebelum Tidur? Waspada, Ini Bahaya yang Intai Anda

Sering Menatap Layar Ponsel Sebelum Tidur? Waspada, Ini Bahaya yang Intai Anda

0
Sering Menatap Layar Ponsel Sebelum Tidur? Waspada, Ini Bahaya yang Intai Anda

JAKARTA, – Menjaga kesehatan sangat penting, termasuk mengurangi kebiasaaan menatap layar ponsel Anda atau benda elektronik lainnya sebelum tidur. Pasalnya, kebiasaan ini bisa membuat kualitas tidur yang buruk.

Kebanyakan dokter menyarankan untuk mematikan layar ponsel selama satu jam sebelum tidur. National Sleep Foundation bahkan menyarankan untuk tidak menatap layar ponsel selama dua jam sebelum tidur. Tetapi jika itu tidak realistis, maka satu jam atau 30 menit lebih baik daripada tidak sama sekali.

Merangkum dari The Healthy, berikut beberapa hal negatif yang disebabkan karena terlalu sering menatap layar ponsel.

1. Membuat terjaga lebih lama

Menonton atau membaca sesuatu dari layar ponsel sebelum tidur akan menyebabkan seseorang terjaga lebih lama dibandingkan seharusnya.

Bahkan jika seseorang memiliki banyak film menarik untuk ditonton, maka hal tersebut akan menstimulasi mental untuk lebih lama untuk tertidur.

2. Layar dapat memengaruhi kualitas tidur

Menurut penelitian 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Child and Adolescent Psychiatric Clinics of North America, beberapa peneliti telah menemukan hubungan antara waktu layar dan penurunan kualitas tidur.

Secara khusus, National Sleep Foundation mencatat bahwa menggunakan ponsel sebelum tidur dapat menunda timbulnya tidur dengan gerak mata cepat (REM) dan mengurangi jumlah total tidur REM. Jika dibiarkan dapat menyebabkan kekurangan tidur yang parah.

3. Beberapa layar gadget memiliki dampak yang lebih buruk

Layar ponsel dinilai lebih berbahaya ketimbang cahaya yang dihasilkan oleh radiasi televisi. Pada umumnya, cahaya biru yang dihasilkan televisi berada di tempat yang lebih jauh dari mata.

Menggunakan tablet bisa sama buruknya dengan telepon, tetapi versi Kindle yang lebih baru telah dikembangkan untuk memancarkan cahaya biru yang lebih sedikit. Kindle Oasis, misalnya, hadir dengan fitur cahaya hangat yang dapat disesuaikan.

4. Mengubah kebiasaan tidur dapat membuat perbedaan yang lebih baik

Seseorang mungkin tidak mendapat kualitas tidur yang baik dan menumpuk hutang tidur. Tetapi begitu mengubah kebiasaan, Anda dapat membalikkan keadaan menjadi lebih baik. Menggunakan buku mewarnai dewasa atau teka-teki atau mendengarkan podcast atau meditasi terpandu bisa menjadi solusinya.

Sangat ideal untuk mematikan ponsel sekira satu jam atau lebih sebelum tidur. Tetapi menyalakan gadget tidak akan menjadi masalah besar apabila Anda hanya sekadar ingin mendengarkan musik. Demikian dikutip dari Okezone, Senin (17/2/2020).

Editor : Tuty Ocktaviany

Source: https://www.inews.id/lifestyle/health/sering-menatap-layar-ponsel-sebelum-tidur-waspada-ini-bahaya-yang-intai-anda?rand=1310

- Advertisment -

Tinggalkan Balasan